Inilah "Game Legends" Orang - Orang Dibalik Game - Game Yang Melegenda

Assalamu'alaikum semuanyaa
kali ini ane mau share tentang Orang - orang dibalik susesnya game yang melegenda nih juragaaan 



Banyak sekali game game yang kita telah mainkan, dan banyak juga game game yang kita kenal sebagai game yang cukup melegenda, naum apa kita pernah berpikir untuk tau siapakah dibalik suksesnya game2 tersebut?
untuk itu saya coba merangkumnya menjadi "orang2 yang berada di balik suksesnya game game legendaris"



Quote:
1. IceFrog




IceFrog (Nama Samaran) adalah seorang game designer yang baru berusia 29 tahun, dan dikenal luas oleh publik sebagai orang yang paling blama mengabdi dan mengembangkan game Defense of The Ancients dan Custom mas-nya dalam Warcraft III. Sekarang ia bekerja untuk Valova Corporations sebagai Kepala Designer untuk mengembangkan Dota2, yang mana merupakan edisi terpisah dari skenario aslinya di Warcraft series.

IceFrog mulai terlibat dalam pengembangan DotA sejak 2005 ketika ia mewarisi hasil karya berjudul DotA Allstars dari Steve "Guinsoo" Freak. Sejak awal keterlibatannya itulah, Icefrog telah menambahkan banyak sekali fitur, termasuk hero, item dan perbaikan pada gameplay. Setiap dia merilis map baru maka akan disertai dengan perubahan perubahan baik itu bug, item, hero dan lain sebagainya dan dirilis di website resmi.
.



Quote:
2. Shinji Mikami




Shinji Mikami (三上 真司 Mikami Shinji, lahir 11 Agustus, 1965) adalah seorang pria berkewarganegaraan jepang dan berprofesi sebagai game designer dan creator yang dikenal sebagai pencipta game “survival horror” Resident Evil.

Dia juga berkontribusi atas beberapa game Capcom lainnya yang cukup terkenal di era post-32 bit (game – game era 90an), termasuk sebagai pengembang dan sebagai executive producers

1. Viewingful Joe
2. Devil May Cry
3. Ace Attorney

Selain itu dia juga terkenal sebagai creator game

4. Resident Evil seri ke 4 dan
5. Vanquish.

Setelah bekerja untuk Platinum Games, dia memulai untuk membuat stidio pengembang game miliknya sendiri, “Studio Tango Gameworks” yang sekarang telah diakuisisi oleh pengembang asal Amerika yakni “ZeniMax Media”.



Quote:
3. Shigeru Miyamoto



Shigeru Miyamoto (宮本 茂 Miyamoto Shigeru, lahir pada 16 November, 1952). Adalah seorang pria berkewarganegaraan jepang dan berprofesi sebagai Game designer dan producer. Tak jarang beliau dijuluki sebagai “bapak” dari game modern, mengingat karya karyanya mengispirasi banyak orang, dan dikenal luas diseluruh dunia dan dan termasuk sebagai salah satu yang paling berpengaruh dalam dunia game sepanjang masa.
Miyamoto bergabung bersama Nintendo pada tahun 1977, ketika Nintendo baru memulai ikut dalam dunia game, karya – karya Miyamoto hampir semuanya diterbitkan oleh Nintendo. Karyanya yang cukup terkenal antara lain :
1. Mario Bros
2. Donkey kong
3. Legend of Zelda
4. Super Mario Bros
5. F-Zero
6. Super Mario 64 dan masih banyak yang lainnya.

Dia sekarang sibuk berperan sebagai Kepala analys dan development di Nintendo.



Quote:
4. Hideo Kojima




Hideo Kojima (小島 秀夫 Kojima Hideo, lahir pada 24 August, 1963) Adalah seorang pria berkewarganegaraan jepang dan berprofesi sebagai Game designer, director, writer dan producer yang bekerja untuk Game developer terkenal Konami. Dia juga merupakan seorang director di Kojima Productions, dan dipromosikan sebagai Vice President of Konami Digital Entertainment pada awal 2011. His previous positions include being vice president of Konami Computer Entertainment Japan.

Dia adalah pencipta, penulis, dan designer dari beberapa game top yang terkenal di dunia seperti :
1. Metal Gears solid
2. Silent Hill
3. Castlevania
4. Snatcher
5. Policenauts
6. Zone of the Enders
7. Boktai

Untuk itulah Hideo Kojima dikenal luas oleh seluruh masyarakat dunia sebagai salah satu orang yang juga turut berpengaruh dalam dunia game dan dia juga dikenal sebagai salah satu orang yang paling inovative dalam industri game ini.




Quote:
5. Yuji Naka




Yuji Naka (中 裕司 Naka Yūji, lahir pada 17 September, 1965 in Osaka, jepang), Adalah seorang pria berkewarganegaraan jepang dan berprofesi sebagai Game designer, director, producer serta seorang progammer, dan dikenal luas sebagai mantan kepala team pembuat Sonic, sebuah group Sega programmers/designers, dimana dia adalah lead programmer dari original Sonic the Hedgehog.

Dalam masa awal karirnya sebagai game designer, dia sering menuliskan namanya dengan nama samaran "YU2" (Yu Suzuki) dan "Muuu Yuji".
Sejak 2006 dia menjadi pimpinan dari Prope, sebuah game developer yang dia bentuk sendiri sesaat dia memutuskan untuk keluar dari SEGA yang telah membesarkan namanya di Tahun yang sama, yakni 2006.

Berikut beberapa karyanya :
1. Girl's Garden (1984) — Game Designer, Programmer
2. Phantasy Star (1987) — Programmer
3. Phantasy Star II (1989) — Producer, Programmer
4. Ghouls'n Ghosts (1989) — Programmer
5. Sonic the Hedgehog (1991) — Lead Programmer
6. Sonic the Hedgehog 2 (1992) — Lead Programmer
7. Sonic the Hedgehog 3 & Knuckles (1994) — Producer, Lead Programmer



Quote:
6. Alexéy Leonídovich Pájitnov



Alexéy Leonídovich Pájitnov (Russian: Алексе́й Леони́дович Па́житнов, Alekséi Leonídovich Pázhitnov; lahir pada 14 Maret 1956) Adalah seorang pria berkewarganegaraan Russia dan berprofesi sebagai Game designer, serta seorang teknisi komputer yang kini menetap di Amerika. Pajitnov adalah orang yang mengembangkan game dengan ide paling orisinil dan kini banyak diikuti orang dengan membuat game Tetris ketika dia bekerja untuk Dorodnitsyn Computing Centre di Soviet Academy of Sciences, sebuah R&D center di soviet Russia.

Selain dikenal sebagai pembuat dan pencipta Tetris, Pajitnov juga dikenal karena dia tidak menerima royalti apapun atas ciptaannya Tetris, saat dia bekerja unruk perusahaannya dibawah pemerintahan Soviet, yang mana game ciptaannya itu didistribusikan oleh USSR ke seluruh Timur Eropa.
Kemudian dia mulai mendapatkan Hak Royaltinya pada tahun 1996 dia dan Henk Rogers mendirikan The Tetris Company.

Beberapa karya Alexey Pajitnov :
1. Tetris
2. Welltris
3. Hatris
4. Wordtris




Quote:
7. Kazunori Yamauchi




Kazunori Yamauchi (山内 一典 Yamauchi Kazunori?, born August 5, 1967) Adalah seorang pria berkewarganegaraan jepang dan berprofesi sebagai pembalap profesional, seorang game designer, CEO dari polyphony Polyphony Digital dan producer of the Gran Turismo series. Dia menjadi president dari Polyphony Digital setelah dia mendesign game pertamanya yang berjudul Motor Toon Grand Prix, sebuah game yang terinspirasi cartoon Mario Kart.

Motor Toon Grand Prix kemudian mengeluarkan sequel, Motor Toon Grand Prix 2, yang mana adalah game pertama di genrenya yang dipasarkan diluar jepang. Sejak saat itulah, Yamauchi ingin mewujudkan impiannya membuat realistic driving simulators yang akhirnya terwujud dalam bentuk meledaknya game Gran Turismo series dipasaran. Pada tahun 1999 Polyphony Digital merilis Omega Boost, yang membuktikan bahwa yamauchi juga mampu menciptakan game diluar genre balap.

Sebagai reward atas suksesnya Gran Turismo, Yamauchi telah menjadi figure penting dalam dunia otomotive dunia. Dan atas jasanya mempromosikan Volkswagen dalam Gran Turismo series, perusahaan memberinya sebuah Golf R32. Woow, luar biasa..



Quote:
8. Tim Willits




Willits adalah seorang pria lulusan University of Minnesota dan mantan anggota dari the University of Minnesota Army ROTC program. Willits sebelumnya adalah seorang battalion cadet-command sergeant major (C/CSM) saat masih di tingkat junior, kemudian ia menghadiri ROTC Advanced Camp di Fort Lewis, Washington disaat musim panas direntang tahun awal kuliahnya di tingkat junior dan senior college.

Tim Willits kemudian bergabung dengan id Software in 1995 membuat pemilik dan tim pengembang id software terkesan dengan karyanya DOOM yang dia distribusikan secara free di Internet. Willits has worked ontelah terlibat dalam beberapa pengembangan game

1. Strife
2. The Ultimate Doom
3. Quake
4. Quake II
5. Quake III
6. Doom 3.

Willits kemudian menjadi lead designer pada proyek pengembangan Doom 3, executive producer pada game Quake 4, akhir akhir ini menjadi - creative director game Rage, dan menjadi bagian pengembang id tech 5 engine.



Quote:
9. Yoshiki Okamoto




Yoshiki Okamoto (岡本 吉起 Okamoto Yoshiki) (lahir pada 10 juni, 1961, di Ehime Prefecture, Japan), sometimes credited aseringkali menyamarkan namanya sebagai Kihaji Okamoto, adalah seorang video game designer yang telah malang melintang dalam pembuatan game di Konami, termasuk dalam pembuatan game Gyruss dan Time Pilot, kemudian di Capcom, termasuk dalam tim pembuatan Final Fight dan Street Fighter II. Dia kemudian membuat perusahaan pengembang game sendiri yang bernama Game Republic.

Bergabung dengan Capcom di tahun 1984, Okamoto telah menjadi director pada game 1942 (tahun 1984), SonSon (tahun 1984), Gun.Smoke (tahun 1985), Side Arms (tahun 1986) dan Forgotten Worlds (tahun 1988). Dan saat dia berkarir menjadi seorang producer dia bertanggung jawab atas perekrutan character designer Akira Yasuda untuk Capcom. Okamoto dan Yasuda mengembangkan beberapa hits terbaik capcom, diantaranya game Final Fight (tahun 1989) dan fighting game Street Fighter II (tahun 1991).

Okamoto juga termasuk didalam tim yang mengembangkan survival horror game Resident Evil (Biohazard jepang) pada tahun 1996.



Quote:
10. Tetsuya Nomura




Tetsuya Nomura (野村 哲也 Nomura Tetsuya, lahir pada 8 October, 1970) adalah seorang video game director dan character designer berkewarganegaraan jepang yang bekerja untuk Square Enix (dulu bernama Square).

Dia mulai mendesign karakter yang ada di Final Fantasy V dan Final Fantasy VI dan telah juga menjadi character designer dari beberapa game top lainnya, seperti Final Fantasy VII. Kemudian, Nomura menjalani debut sebagai video game director untuk game Kingdom Hearts series pada tahun 2002 dan juga menjadi director untuk efek CGI film Final Fantasy VII Advent Children.

Nomura menerima "Excellence in Visual Arts" award dari International Game Developers Association atas karyanya yakni Kingdom Hearts game, dan bersanding dengan Shinji Hashimoto. kemudian di IGN's "The Top 100 Video Game Creators of all Time" Nomura berada di urutan 84.

Inilah beberapa hasil karya Nomura :
1. Final Fantasy series
2. Parasite Eve series
3. Kingdom Hearts series



Quote:11. David Jones




David Jones (lahir pada 1966) adalah seorang game programer dari scotlandia dan seorang entrepreneur yang mendirikan DMA Design pada tahun 1988 (sekarang dikenal sebagai Rockstar North pada tahun 2002) dan juga pendiri Realtime Worlds in 2002. Jones kemudian membuat game series yang cukup mengemuka yakni Lemmings dan dia juga membuat game yang cukup kontroversial, Grand Theft Auto series (yang kini justru menuai sukses dengan keluarnya beberapa sequels mereka).

Jones mendirikan perusahaan PC game "Realtime Worlds in 2002 dimana dalam perusahaannya itu ia berperan sebagai creative director. dan hasil karya terbaru darinya untuk saat ini adalah keterlibatannya dalam proyek game krackdown for the Xbox 360 dan pembuatan open-ended massively multiplayer online game, yang berjudul APB: All Points Bulletin.

beberapa hasil karya Jones :

1. Lennings
2. GTA Grand theft Auto
3. krackdown



Quote:12. Toru Iwatani



Toru Iwatani (岩谷 徹 Iwatani Tōru, lahir pada 25 Januari, 1955) adalah seorang video game designer dan creator dari game arcade Pac-Man, yang merupakan the world's most popular arcade game.

Iwatani lahir di daerah Meguro Tokyo, Jepang. kemudian dia bergabung dnegan perusahaan software computer Namco pada 1977, dimana disinilah dia memulai karirnya di bisnis video game.

lantas gebrakan awalnya pada saat itu adalahy menelurkan ide game bernama "Puck-Man" pada tahun 1980, kemudian, bersama sahabatnya seorang programmer bernama Shigeo Funaki (舟木 茂雄), seorang hardware engineer dan cabinet designer. dan seorang penata musik bernama Toshio Kai (甲斐 敏夫). dan dirilis pada 22 mei tahun 1980 dan akhirnya mencapai kesuksesan besar karena meledak di pasaran jepang.

hal ini membuat perusahaan arcade-game ternama, Midway, yang akhirnya memperkenalkan game ini kepada khalayak ramai di Amerika dengan merubah sedikit namanya dari "Puck Man" menjadi "Pac-Man" karena khawatir nama tersebut akan digunakan sebagai bahan candaan anak - anak Amerika dengan mengubah "Puck-Man" menjadi "Fuck-Man" atau merubah 'P' menjadi 'F'.

karena ketenaran dan ide yang inovatif dari game ini, membuatnya menjadi salah satu penerima the all-time classic video games. Iwatani kemudian kembali mengembangkan konsep Pac-Man pada 2007 ketika ia mengadakan Pac-Man Championship Edition untuk Xbox 360, yang merupakan tahap final game yang nantinya akan ia kembangkan.



Quote:13. David Jaffe




Jaffe adalah pria yang berasal dari Birmingham, Alabama dan sekarang menetap di San Diego, California. setelah beberapa tahun dia mengejar mimpinya untuk menjadi sutradara film akhirnya dia mencoba menjadi game designer.

Jaffe menjadi terkenal setelah keluarnya Twisted Metal series and God of War series sebagai game directornya. Twisted Metal dan God of War karya jeffe telah menduduki "IGN's "Top 25 PS2 Games of All Time". kemudian pada tahun 2007, Jaffe membentuk perusahaannya sendiri yang dia namakan Eat Sleep Play studio. yang mana studio game miliknya ini telah menandatangani kontrak berjangka beberapa tahun dengan Sony untuk membuat exclusive game untuk platform PlayStation.



Quote:14. Toby Gard





Toby Gard (lahir pada tahun 1972 di Chelmsford, Essex) adalah seorang computer game character designer dan consultant dari inggris, yang menjadi kepala dari team yang membuat karakter archaeologi inggris bernama "Lara Croft". Lara Croft sendiri telah menerima penghargaan dari Guinness World Record sebagai "most successful human video game heroine"

Toby sendiri awalnya bekerja untuk Core Design studio, dia merupakan bagian dari tim yang membuat original Tomb Raider pada tahun 1995 dan dia juga membuat karakter Lara Croft. hasil pekerjaannya didalam game termsuk mendesign bangunan dan membuat animasi hampir seluruh karakter dalam Tomb Raider (including Lara), membuat video cutscenes, storyboarding pada FMVs, dan managing level designers.

Core studio memberikan Gard creative control penuh pada hasil gamenya, meskipoun begitu, Core studio masih ingin terlibat dalam ide mengenai penampilan dan nilai jual sex appeal sang Lara Croft, dan tak jarang meminta Gard untuk mengimplementasikan konten nude code ke dalam game, namun dengan tegas Gard menolaknya. visinya mengenai Lara sebagai "karakter wanita yang, cool, dan tangguh.

Gard kemudian memilih keluar dari Core Design pada 1997 karena ada perbedaan visi dan misi antara Gard dan pihak Core Design[3]



Quote:15. Hironobu Sakaguchi


Hironobu Sakaguchi (坂口 博信 Sakaguchi Hironob, lahir pada 25 November, 1962) adalah seorang pria berkewarganegaraan jepang dan berprofesi sebagai game designer, video game designer, director, producer, dan mantan film director. dia merupakan salah satu yang mencetuskan ide untuk membuat Final Fantasy series.

Dia memiliki track record yang panjang dan mengesankan dalam dunia gaming dengan lebih dari 100 juta units video games terjual diseluruh dunia . namun akhirnya dia meninggalkan Square Enix dan mendirikan sebuah studio bernama Mistwalker pada tahun 2004.


Quote:16. Nobuo Uematsu


Nobuo Uematsu (植松 伸夫 lahir pada 21 Maret, 1959) adalah seorang game composer, dan memiliki andil besar atas terciptanya Final Fantasy series. Dia lantas bergabung dengan Square Enix tahun 1986, saat dimana dia bertemu Hironobu Sakaguchi. kemudian mereka bekerja sama dalam banyak video gam, dimana slah satu yang paling istimewa adalah lahirnya Final Fantasy series.

setelah 20 tahun bekerja, pada 2004 silam, ia keluar dari Square Enix untuk membentuk studio sendiri bernama "Smile Please", dan sebuah music production bernama Dog Ear Records.

Quote:Quote:UPDATE GAN ...!!!!

17. Minh "Gooseman" Le


Minh Le (lafal Vietnam: Lê Minh, lahir pada 27 Juni, 1977),atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gooseman sebagai online nickname'nya , adalah seorang pria keturunan Vietnam-Canada yang berprofesi sebagai computer game developer yang membuat game populer seperti Half-Life dan juga Counter-Strike berdua dengan Jess Cliffe sejak tahun 1999.

kemudian dia bergabung dengan Valve Software, developers dari Half-Life, dan sekarang tengah menyibukkan diri dalam proyek penggarapan multiplayer first-person shooter "Tactical Intervention". Dalam tim kecil yang dia pimpin, Le berperan sebagai seorang programmer, modeler, dan juga game designer.


Quote:18. Jess Cliffe


Jess Cliffe adalah seorang game designer dan co-creator of Counter-Strike dari Valve Production bersama dengan Minh Le (aka Gooseman). Dia juga adalah pengisi suara di counter strike atau "voice of Counter-Strike" via radio commands dan juga pembuat sound effects didalamnya.

Dia adalah seorang pria yang lahir dan besar di New Jersey dan dia kemudian bersekolah di North Hunterdon High School di Annandale, New Jersey sebelum akhirnya berpartisipasi dalam acara Virginia Tech dari tahun 1999-2003. setelah keluluasannya, dia bergabung dengan Valve Software dan sekarang dia menjadi game designer bagi Valve, dia juga yang berperan penting dalam pembuatan maps untuk seri Half-Life: Deathmatch.


Quote:18. Shingo 'Seabass' Takatsuka


Shingo 'Seabass' Takatsuka adalah seorang executive producer dari Pro Evolution Soccer game series. Nicknamenya dalam dunia maya adalah, 'Seabass', yang merupakan nama sebuah ikan dan hal ini dikarenakan kecintaannya pada dunia memancing.

Takatsuka kini tengah menghadapi kritikan banyak pihak yang menilai bahwa seri terbaru dari Pro Evolution Soccer terlihat kurang realistik dan terkesan terlalu terlihat seperti animasi kartun.


Quote:19. Yashuhiro Wada


Yasuhiro Wada adalah creator dari Harvest Moon series. Dia telah terlibat dalam games industry selama lebih dari 20 tahun, dan sebelumnya dia menjabat sebagai executive producer di Marvelous Entertainment sampai tahun 2010. Kemudian dia melanjutkan karirnya dan bekerja di Grasshopper Manufacture selama satu tahun dan akhirnya dia juga memilih untuk keluar dari perusahaan itu, lantas dia membuat perusahannya sendiri dengan nama Toybox Inc.

Ide pembuatan farmwork-simulation game ini muncul saat dia pindah ke Tokyo dari daerah pinggiran kota asal dia dibesarkan. Kemudia dia mulai mencermati adanya perbedaan perbedaan antara kehidupan desa dan perkotaan, dia sadar bahwa sesungguhnya banyak nilai-nilai dan element pedesaan yang patut diapresiasi dan dilestarikan, hal itulah yang jadi inspirasinya, dan berdasarkan ide tersebut maka dia membuat game Harvest Moon in
Terima Kasih telah berkunjung
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 Comment:

Tambah Comment

Berkomentarlah yang sopan & yang OOT tidak akan ditampilkan
Orang yang berkomentar menggunakan URL akan di Hapus

Thanks For Your Comment Here