Komputer Rakitan : hal penting yang harus diperhatikan

Hal penting yang harus diperhatikan untuk Komputer rakitan sebelum membeli atau saat merakit agar tidak kecewa bahkan gagal di akhirnya. Memang kegiatan satu ini lebih disukai dari pada pc (komputer) branded karena aktifitas merangkai komponen pc dari nol hingga terbentuk dan siap digunakan serta kita dapat menentukan spesifikasi komputer itu sendiri.

Berbeda dengan pc branded yang spesifikasinya sudah ditentukan oleh vendornya yang tentunya sudah sesuaikan dengan kebutuhan dari komputer tersebut. Namun perlu anda ketahui bahwa semua pc branded berbeda dengan rakitan komputer yang lain karena memiliki komponen dengan kwalitas nomor wahid alias yang terbaik yang diberikan oleh perusahaan komponen tersebut misal prosesor intel, prosesor yang diberikan kepada vendor penyedia pc branded adalah prosesor yang sudah melewati bebrapa kali quality control berbeda dengan yang dilempar kepasaran hanya satu kali quality control.

Jika anda ingin membuat komputer rakitan atau membelinya ada beberapa hal wajib mesti diperhatikan. Karena banyak contoh kasus kesalahan dalam membuat rakitan komputer bahkan toko yang menjual hasil rakitan komputer nya. Untuk mengetahui hal apa saja yang harus di perhatikan yuk kita bahas.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Komputer Rakitan

1. Pilih Motherboard Dan Prosesor Yang Sesuai

Untuk kasus ini banyak user yang menitik beratkan hanya kepada tipe soket dari motherboard tersebut misal soket AM3 atau LGA. Namun ada hal yang sering dilupakan yaitu nilai TDP nya, bila nilai TDP motherboard lebih kecil dibandingkan nilai TDP prosesornya maka dapat dipastikan kekuatan prosesor atau kecepatan prosesor tidak akan maksimal.

Contoh kasus :
motherboard ECS A780LM-M2 soket AM3 dengan TDP 95watt dipasangkan  prosesor amd phenom II X4 955 Black Edition dengan soket yang sama yaitu AM3 namun TDP sebesar 125 watt  maka setelah dicek tidak didapat hasil yang maksimal kecepatan prosesor hanya mencapai di angka 789Mhz yang seharusnya kecepatan prosesor tersebut adalah 3.4Ghz.

2. Pilih Power Supply Sesuai kebutuhan Atau Melebihi

Untuk kasus satu ini sangat penting untuk diperhatikan karena fungsi dari power supply ini untuk menyalurkan atau mensuply arus listrik ke perangakat keras contoh hardisk, kipas, motherboard, vga, dll. Untuk itu jika pemilihan power supply tidak sesuai kebutuhan cpu maka siap-siap komponen hardware yang membutuhkan supply listrik akan menjadi rusak. Pilihlah atau beli power supply karena kualitasnya seperti seasonic, corsair, dll jangan memilih merk power supply yang abal-abal dan pilihlah power supply yang PURE saya menyarankan menggunakan power supply minimal dengan daya 450 watt di kisaran harga 500rb. Untuk cek/ menghitung kebutuhan seberapa besar daya power supply anda cek di http://www.extreme.outervision.com/psucalculatorlite.jsp
atau baca mengenai jenis jenis power supply.


3.Tips memilih vga card

Khusus untuk gamers dan grafik desainer alat/ device satu ini wajib dimiliki karena akan sangat membantu dan memberikan kepuasan saat main games. Namun dipasaran banyak dijual vga berbagai merk dan beragam pula harganya lalu apa yang membedakannya?. Ada yang memiliki memory 128mb, 256mb, 512mb, 1GB, 2Gb bahkan hingga 5 Gb dan memiliki 64bit, 128bit, 256bit serta memiliki slot agv, ddr2, ddr3,dan ddr5. Ok Jadi begini dari semua itu yang membedakan adalah kecepatannya. Vga dengan memory 1Gb, 64bit dan ddr2  tidak sama dengan vga memory 1Gb, 128 bit dan ddr2 karena fungsi
  • Bit adalah MEMORY INTERFACE dari VGA tersebut atau dengan kata lain bisa disebut sebagai lebar jalur data, semakin besar bit sebuah vga maka semakin cepat VGA tersebut dan juga semakin mahal.    
  • jenis DDR  lebih mengacu pada kecepatan sebuah VGA akan saya jelaskan
  • VGA DDR1/DDR biasanya kecepatannya hanya mencapai 400MHz saja.
  • VGA DDR2 biasanya kecepatannya antara 400 sampai 1000MHz
  • VGA DDR3 kecepatannya kira2 antara 1200 sampai 1800MHz
  • VGA DDR4 kecepatannya antara 1800 sampai 2200MHz
  • Dan VGA DDR5 , VGA dari ATI RADEON HD4870 kecepatannya sangat fantastis mencapai 3600 - 4000MHz atau 4GHz.
Jadi semakin cepat sebuah VGA maka akan semakin baik pula dia dalam bekerja. Jadi baik itu motherboard yg masih menggunakan memory RAM jenis DDR ataupun yg sudah di atasnya tetap bisa menggunakan VGA dgn jenis DDR manapun. Yang jelas bila menggunakan VGA yg cepat maka kinerja pc pun akan cepat pula. Jadi jangan tergiur dengan harga murah sebelum membeli ,pastikan spesifikasi dari vga tersebut.

4. Sesuaikan kapasitas RAM

Satu lagi hal penting dalam merakit pc yaitu menyesuaikan kapasitas memori RAM jadi jangan sampai prosesor, power supply, dan vga sudah high end tapi memory RAM nya hanya menggunakan 512mb. Tentu saja ini tidak akan memaksimalkan kinerja cpu tersebut saya sarankan menggunakan memory RAM minimal 2Gb agar cpu dapat berjalan dengan maksimal.

Itu saja yang bisa saya bagikan tentang yang harus diperhatikan sebelum membeli atau membuat komputer rakitan. Semoga artikel ini bermanfaat dan apa yang saya alami yaitu kegagalan dalam merakit pc tidak terjadi oleh anda karena anda sudah memliliki gambaran dan ilmu untuk melakukannya.

Kamu Harus Baca Artikel Ini :
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang sopan & yang OOT tidak akan ditampilkan
Orang yang berkomentar menggunakan URL akan di Hapus

Thanks For Your Comment Here