8 Cara Unik Untuk Bikin Pesta Pernikahan Murah Meriah

HAI JURAGAN JURAGAN 
Ane Petugas baru setahun di salah satu Badan Usaha Milik Negara. Umur ane thn ini 25 th. & th depan ane rencananya ingin nikah.

Doi ane usianya 25 th serta, & udah kerja sih tetapi masihlah nyari tugas yg tepat sama passion-nya. Kami pacaran udah masuk lima th & udah ngerasa sesuai banget satu sama lain. Lagipula orang sepuh kami masing-masing udah setuju & sejak mulai heboh nanyain kapan nikah. & berhubung bentar lagi lebaran & tentu ditanyain kapan nikah sama keluarga gede, kami berdua mulai sejak nyari-nyari tahu soal persiapan pernikahan. Apa aja yg dibutuhin, kira-kira dilangsungin di mana, dapat gunakanadatnya siapa, ane urang awak & sipacar orang Jawa, & yg paling mutlak BERAPA MODALnya.
 

Sesudah nyari tahu kesana kemari kami bikin dua barangkali bekal nikahnya Gan, dana optimis sama alternatif. & ane pikir ga ada salahnya sharing di silahkan. Sapa tautidak sedikit yg serta lagi nabung utk aset kimpoi kan.



1. Penghulu



Ini mutlak, crusial, ga boleh engga ada. Cemana narasi ingin nikah namun penghulunya kagak ada kan? Wkwk & sepengatahuan ane jikalau ijab qabulnya di lokasi yg kita tentuin, bayar penghulunya pula beda sama nikah di KUA. & ga ada tawar-menawarnya jikalau dana yg ini mah, udah ada pakemnya. Budget nikah jika di KUA itu 50 rebu sementara jika diluar KUA menjadi 600 rebu. Menjadi jikalau kepepet bisalah Gan nikah di KUA aje XD


2. Ruangan Pernikahan


Ini salah satu aspek yg ngabisin uang paling tidak sedikit menurut ane. Th tempo hari aja temen ane nikah abis puluhan juta hanya untuk sewa gedung yg kapasitasnyahanya 1000 orang. Yaa namun gimanapun jika tak ada gedung, bagaimana nikahnya? Jikalau gamau bekal di bidang ini kemungkinan nikahnya di kampung aje kali ya, nikah di arena lapang 17an. Ini pun menjadi masalah bagi biasanya pasangan, terlebih yg beda pulau macam ane sama sipacar. Ingin nikah di kampung, yg keluarga sipacar punminta adain resepsi di sini. Bila nikah di sini, duitnya ga nahan. Serba salah.


Nah menurut ane & si sayang ini pilihan utk enaknya Gan,




Jikalau nikahan di dalam area, ingin gamau akan mikirin dekorasi gedung kan. Bagaimanakah narasi ane duduk depan tamu tidak dengan ada dekorasi-dekorasi. Berasa presentasi depan kelas ntar wkwk. Daaan dekorasi serta ngabisin belasan juta tergantung besar gedung sama wujud dekorasinya.





Bila nikah di arena lapang atau luar area gitu dekorasinya ga seheboh dalam lokasi loh nyata-nyatanya. Menjadi jikalau agan miliki halaman atau kebun luas, dapat tuh disulap untuk menjadi ruang nikah. & lebih seru karna lebih luas. Tetapi yg mesti dipikirin itu cuaca cocok nikahnya, kan ga lucu bila di luar tempat tiba-tiba hujankonsisten nikahannya bubar.






3. Undangan


Saat Ini emang udah tidak sedikit sih yg berubah ke undangan digital, entah dalam wujud penerapan, web, undangan di Fb, maupun hanya berupa shoutout di gorup-group chat semata. Ane sih ga bermasalah amat sangat dgn undangan digital, cukup kan utk ngurangin pengeluaran. Namun ya apa dikata, emak sama emak mertuatermasuk juga sipacar masih keukeuh ingin ada undangan cetak. Menjadi kemungkinannya setengah digital setengah cetak. Mayan, kepotong sekian banyak %.





Ini berlanjut ke berapa tidak sedikit tamu yg ingin diundang. Inginnya sih tidak sedikit, namun dananya pun bakalan perlu tidak sedikit. Duh. Menjadi optimisnya ane sama sipacar ingin undang 2000 orang. Engga kok, ini ga tidak sedikit. Bayangin aja sahabat seangkatan sesuai kuliah ane ada 150an orang, belum senior sama junior-juniornya.. Temen kuliah sipacar serta ada 100an lebih. Rekan-rekan sama bos di lokasi kerja ane sama si si sayang. Temen-temen tatkala bermain di kuliahan yg engga sejurusan pun banyaknya apa. Belum lagi temen SMA, temen SMP, temen SD, temen deket rumah, temen main-main di sawah & kawan-kawan yg yang lain. Ini sodara-sodara belum masuk loh ya, temen-temennya orang lanjut usia sama mertua pula belum dihitung. Menjadi ya kira-kira 2000 oranglah yg akan hadir.


Satu undangan yg harganya bagus, ya jangan sampai ditanya sanggup puluhan sampe beberapa ratus ribu kali. Dana optimis ane paling satu undangan 8000 doang kok.Apabila ada 2000 undangan, 16 juta pula hanya untuk undangan doang ye hahahaha. Yaudah undangan yg 4000an pun udah bagus lah ya mestinya. Tetapi bila kelak mepet-mepet dananya kurang anggap aja ane hanya dapat ngundang 1000 orang.



Untuk apa sih rencanain nikah yg mahal-mahal? Utk gengsi?


Ini tu salah satu pertanyaan yg tidak jarang banget ditanyain ke ane nih. Bukan untuk gengsi sih, namun ane ingin seluruhnya orang tau seandainya ane sama sipacar udah bukan pacaran lagi statusnya, udah halal. Lagian ane pun ingin seluruh saudara-saudara sama temen-temen ane utk hadir & ngerasain kebahagiaan kami berdua. Ane puningin bikin pernikahan yg nyenengin hati sipacar, orang lanjut umur sama calon mertua.


Lanjut ke list lagi gan
.



4. Makanan






Nah ini pula yg mahal nih. Belum juga bila emak mertua inginnya makanan cocok kondangan mesti mewah. Tergantung berapa tidak sedikit tamu yg harus dateng, belum lagi jikalau yg dateng bawa pasangan menjadi makanan mesti dikali dua dari list undangan yg disebar. Bila undangannya menjadi 2000 orang, jadinya makanan yg mestidisediain ada 4000 porsi. Seporsinya 40rebu. MAK 160 juta hanya utk isikan kloset doang. Itu udah harga makanan termurah yg ane tau. Bila di atasnya, ada banyak lagi. Naik menjadi makanan yg 50 rebu per porsi aje udah menjadi 200 juta sendiri : 3.



MAK menjadi ga ya nikah thn depan?
Yaaaah, barangkali, bisa saja undangannya 1000 aja kali ya atau 500. Gausah rame-rame amatlah. Haha
Atau ya itu siapa tau ada sodara yg jago masak ingin nulung-nulungin kan? Tetangga-tetangganya pula. Seandainya di kampuang ane sih gitu Gan seandainya nikahan, masaknya SeRT. Itung-itung jaga silaturahim pula kan Gan.


5. Riasan Pengantin


Gedung siap, undangan siap, makanan siap, tanggal udah serasi nah masuk yg printilan namun harganya ga printilan ni. Rias pengantin & segala pakaian-pakaiannya.Pakaian untuk sesuai akad nikahnya, pakaian utk tepat program resepsinya, belum lagi pakaian seragam-seragaman utk keluarga ane sama keluarga si doi. Gak, jangan sampai bertanya, ane bahkan ga ngebayangin pakaian seragam utk temen-temen ane yg ingin menjadi pager-pageran. Huft. Setau ane pakaian utk dua hal tersebutkumplit ama riasannya utk sekian banyak jam doang, utk ane sama sipacar doang ada 20 jutaan. Ini belum masuk pakaian seragam-seragaman itu ya.






Inginnya sih, inginnya nih ya punyai desainer pribadi yg bikinin pakaian husus gitu, Tetapi apa daya dompet tidak lumayan tebal. Menjadi tentunya utk baju & riasan disewa. Make upnya pula, menjadi pinter-pinter aja nyari penyewaan yg murah Gan. Atau mungkin saja pakaian pengantin mak yg dulu-dulu tetap dapat didaur ulang utkdipake serasi nikahan waktu ini? Bonus nilai sejarahnya juga!



6. Fotografer






Sejak camera mudah ditemuin dimana-mana & fotografi menjadi hobi yg mulai sejak menjamur, ane perhatiin tidak sedikit banget temen-temen ane yg emang jago mainin camera Gan. Trick pengambilan fotonya mereka serta keren-keren. Percaya deh nyaris di tiap-tiap lingkaran pertemanan ada yg jago ambil photo, minimalseseorang. Nah manfaatin aja Gan! Lebih-lebih jikalau mereka perlu utk portfolio. Seru kan? Free!!


7. Seragam





Ane engga tau sejak kapan mulai sejak hebohnya pakaian seragam-seragam ini. Perasaan dahulu sesuai ane mungil, ke kondangan tak ada yg seragaman deh. Saat Ini tiap temen-temen ane nanya ingin nikah kapan, ujung-ujungnya senantiasa dipesenin 'Jangan lupa seragam untuk gue ya?'

Jika pakaian pengantin aja mampu disewa, mengapa pengiring pengantinnya engga? Ya Kan? Menjadi daripada ribet mikirin pakaian seragam, mending serahin ke penyewaan-penyewaan pakaian aja.



8. Souvenir


Quote :
Mereka kecil-kecil namun ngabisin uang banget. Seandainya ga ada, rasanya bakalan aneh. Nah berhubung foto booth lagi marak pula menurut ane mendingan souvenirnya poto selesai dicetak yg dibingkai manis gitu. Agar tamu pun miliki kenangan nyata pula dari pernikahan Agan. Aganwati-aganwati serta tentu seneng, soalnya udah dandan lama pake pakaian bagus pun. Kan sayang bila ga poto.







Mengapa nikah mahal sih?


Dari hitungan kasar ane sama sipacar, bekal nikah ane optimisnya mampu ngabisin 300 jutaan. Dana alternatifnya 100 jutaanlah. Bersama keseluruhan tamu yg sama loh! Terakhir sipacar nambahin dana pesimis, satu jutaan, aset nikah di KUA doang. Hahahaa


Yak lanjut lagi



Dikarenakan ane tetap optimis, menjadi ane sejak mulai nyari trick untuk ngumpulin uang bekal nikah. Nambah-nambahin tabungan yg tetap seiprit ini. Ane sama sipacar ngedata lagi hal-hal yg sanggup kami lakuin utk nambahin dana aset nikah.




1. Pengurangan dana untuk gadget


Menjadi, sebelum ini ane ditimpa musibah. Ponsel Canggih ane nyebur kolam depan rumah. Udah gitu sebelum masuk kolam pake program kepentok beton samping kolam serta. Udahlah masuk liang lahat dah tu ponsel canggih. Kagak tau aje ane perlu tidak sedikit tabungan gunakan program minta dilembiru segala. & intinya harusbeli telpon pintar baru. Inginnya hati sih beli LG G4 yg teranyar. Tetapi ya macam mana, ga kimpoi-kimpoi ntar ane gan! Wkwkwk Belum lagi jikalau miliki ponsel canggihjelita banget kayak gitu tentu ntar kerjaannya nyobain ini itu ngabisin kuota tiap bulannya. Pengeluaran lagi dah. Ingin beli yg 5 jutaan, kepikiran itu dapat ngecoversekian banyak % bekal kimpoi ane menjadi mikir-mikir lagi.





Bila contohnya ane beli telpon pintar yg harganya lima jutaan, sementara Hanya dimanfaatkan untuk sms, telephone, chat sama emailan doang yg pula mampu dilakuin pake handphone pintar 1 jutaan. Kan ada empat juta lagi untuk dipake untuk nikahan ane. Terlebih jika ingin edge yg baru, ehehhe batal kimpoi ane ntar.
Menjadi untuk waktu ini, android mahal berarti ngejauhin ane dari jodoh ane.



Lagian, untuk apa sih ponsel mahal jikalau yg murah sanggup ane manfaatin & nolongin ane cepet kimpoi kan? Yaudahlah ane iya-iya ajalah disuruh nyari android 1 jutaanmaupun telephone seluler qwerty murah. Lagipula kerjaan ane ga menuntut ponsel mahal-mahal, mayanlah utk budget bikin undangan ntar.



2. Hangout di rumah aja





Umumnya ane hangout ama sipacar & temen-temen lain sekali seminggu sekalian ngilangin stress kerjaan. Ga mahal-mahal teramat kok sebenernya ruangan hangout kami. Namun seandainya tiap pekan, tiap bln, hingga setahun pun pass kan? Menjadi hasilnya karna yg dicari yakni seru-seruan barengnya aja menjadi saat ini ngajaknya ketemuan di rumah siapa gitu. Gitar-gitaran sama makan-makan doang. Lebih seru serta loh.



3. Ke bioskopnya dikurangin, nonton di rumah aja


Ini yg terakhir, kami anaknya menyukai nonton banget! Menjadi sanggup nyaris dibilang tiap ada film baru ke luar, kami tentu nyempetin nonton. Berhubung nikah kayanya lebih utama daripada nonton, yaudah kelak nontonnya di rumah aja, di netbook.





Menjadi, agan-agan yg kepikiran untuk nikah karna cape sama hidup, pikir-pikir dahulu. Nikah mahal CUY. Konsisten untuk yg udah mantep ingin nikah, udah ada calonserta, namun takut karna anggaran nikah mahal janganlah patah semangat gan! Ane sama sipacar udah mantep banget ingin nikah soalnya, menjadi ya meskipun mahal, kita mampu kok apabila ingin berikhtiar. Ane aja rela gunakan hape 1 jutaan, ngapel di rumah aja, sama stop nonton di bioskop tetap ngerasa tetap tidak sedikit yg dapatdi hemat utk ngumpulin uang.
Bisa Saja agan-agan punyai trick lain utk ngumpulin aset nikah, janganlah lupa dishare gan! Dapat saling share kita supaya dapat langsung terlaksana nikahannya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang sopan & yang OOT tidak akan ditampilkan
Orang yang berkomentar menggunakan URL akan di Hapus

Thanks For Your Comment Here